Salam sejahtera untuk kita semua, tahun ajaran 2017/2018 sebentar lagi berakhir, kita tinggal menunggu tahun ajaran baru 2018/2019, mungkin diantara para sahabat ada yang membutuhkan program-program untuk kegiatan tersebut, berikut klikalby.blogspot.com akan memberikan contohnya.
Ini dia contohnya silahkan sahabat perhatikan.
![]() |
Contoh Program MPLS |
KATA PENGANTAR
Undang-Undang Dasar 1945 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, mengamanatkan bahwa, Negara harus berupaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang.
Pembangunan nasional dibidang pendidikan adalah upaya demi mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya.
Untuk mewujudkan pembangunan nasional dibidang pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan masyarakat, maka di SMPN Satap 3 Lebakgedong akan diselenggarakan kegiatan awal tahun dalam bentuk Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
Demi lancarnya kegiatan tersebut, maka disusunlah program kegiatan MPLS ini untuk dijadikan kerangka acuan baik bagi panitia, pembina maupun peserta, demi perbaikan program ini kritik dan sarannya sangat kami harapkan.
.............., Juli 2017
Panitia
TUJUAN PENDIDIKAN
A. Tujuan Pendidikan
1. Tujuan Pendidikan Nasional
Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman, bertaqwa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, bertanggung jawab dan demokratis
2. Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan yang lebih lanjut.
B.Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
Visi.
“ Beriman, berbudi luhur, berkarya dan berprestasi “
Misi
Melaksanakan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan
Melaksanakan budaya bersih, tertib, disiplin dan belajar
Melaksanakan pengembangan potensi diri yang tangguh dan interatif
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif
Melaksanakan perangkat kurikulum yang lengkap dan dinamis
Tujuan
Memiliki warga sekolah yang dapat membaca Al-Qur’an
Memiliki tim kosidah
Memiliki lingkungan sekolah yang sehat, nyaman, indah dan asri
Memiliki 100 % tenaga edukatif yang berkualitas S1/A-IV
Memiliki warga sekolah dengan tingkat kedisiplinan dan kepedulian yang tinggi
Memiliki tim voly ball yang tanguh.
Memiliki kreativitas cipta puisi yang tangguh.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar .............................................................i
Daftar Isi ........................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN ...........................................1
A. Latar Belakang ......................................................1
B. Dasar Hukum ......................................................2
BAB II PENGORGANISASIAN ................................3
Susunan Kepanitiaan ..........................................3
1. Panitia Penyelenggara .............................................3
2. Panitia Pelaksana .............................................3
3. Pembantu Pelaksana ............................................4
BAB III JADWAL KEGIATA.......................................5
BAB IV RENCANA ANGGARAN ............................7
A. Rencana Penerimaan ..........................................7
B. Rencana Pengeluaran ..........................................7
BAB V PENUTUP .......................................................8
A. Kesimpulan ..............................................................8
B. Saran-saran ...............................................................8
Lampiran ......................................................................9
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Peradaban dunia di jaman milenium seperti sekarang berdampak semakin kompleksnya permasalahan yang bersifat global. Pendidikan merupakan salah satu solusi untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan persaingan global yang lebih kompetitif tanpa menanggalkan karakter bangsa yang dapat dijadikan identitas dalam pergaulan dunia.
Pendidikan hakekatnya berjalan seumur hidup (long life education) yang bertujuan mengembangkan potensi diri baik yang bersifat kognitif, afektif dan psikomotorik untuk dapat beraktualisasi dalam masyarakat lokal dan global. Pendidikan hendaknya mengarahkan pada pencapaian potensi kecerdasan yang dimiliki peserta didik agar dapat dijadikan kecakapan hidup (life skill) sebagai modal dalam memecahkan berbagai permasalahan yang muncul dalam hidupnya.
Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional, peranan pendidikan sangat menentukan. Pendidikan formal salah satunya dilaksanakan disekolah, karena sekolah berfungsi untuk meneruskan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi muda, agar proses pendidikan di sekolah dapat berlangsung sesuai dengan tugas dan tujuan pendidikan perlu diciptakan suatu pandangan atau wawasan yang dikenal dengan Wawasan Wiyatamandala.
Berbekal pengetahuan Wawasan Wiyatamandala diharapkan siswa dapat berperan aktif dalam meningkatkan fungsi sekolah sebagai lingkungan pendidikan. Aktivitas dan kreativitas siswa sangat diperlukan untuk menciptakan sekolah sebagai masyarakat belajar, tempat saling asah, saling asih dan saling asuh.
Hal yang penting bagi siswa adalah dapat mendudukan dan menciptakan sertas menempatkan diri sesuai dengan fungsinya sebagai warga Wiyata melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
Penguatan yang lebih dimunculkan dalam kegiatan MPLS ini yaitu budaya dan pendidikan karakter bangsa di mulai dari penyampaian materi agar diketahu siswa sampai pembiasaan yang wajib dilakukan dalam mewujudkan budaya dan pendidikan karakter bangsa tersebut. Lingkungan sekolah yang kondusif baik fisik maupun non fisik (kepala sekolah, guru, staf sekolah dan siswa) dalam mewujudkan visi misi sekolah yang berkarakter dan benar-benar diupayakan wujudnya sehingga menjadi sekolah yang unggul dan dapat di akui keberhasilannya di masyarakat.
B.Dasar Hukum
Pedoman dan program kegiatan MBS tahun pelajaran 2017/2018 berdasarkan pada :
1.Permendikbud No 18 Tahun 2016 Tentang Masa Perkenalan Lingkungan Belajar Siswa Baru
2.Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Nomor; 420/Kep. 903-Disdikbud/Kab/2017 tentang, Pedoman Pelaksanaan pelaksanaan penerimaan peserta didik Tahun Ajaran 2017/2018
3.Rapat Verifikasi kenaikan kelas pada tanggal 14 Juni 2017.
4.Rapat seleksi Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2017/2018 tanggal 15 Juli 2017
BAB II
PENGORGANISASIAN
A.Susunan Kepanitiaan
1.Panitia Penyelenggara
Penanggungjawab : ...........
Ketua : ...........
Sekretaris : ...........
Bendahara : ...........
Anggota : ...........
2.Panitia Pelaksana
Tutor / Penatar
a. Bidang Umum :
2. ...................
3. ...................
4. ...................
5. ...................
6. ...................
7. ...................
8. ...................
9. ...................
b. Bidang Agama :
1. ...................
c. Bidang Khusus : Para Pembina Ekstakurikuler
3. Pembantu Pelaksana
Pengurus OSIS
Ketua : ..............
Wakil Ketua : ..............
Sekretaris : ..............
Bendahara : ..............
Anggota :
1. ............
2. ............
3. ............
4. ............
5. ............
6. ............
BAB IV
RENCANA ANGGARAN
A.RENCANA PENERIMAAN
Penerimaan dari BOS
35 peserta Rp 1.950,000,00
B.RENCANA PENGELUARAN
1.Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
Administrasi/ ATK Rp 100.000,00
Vakasi Tutor Kelas 7 : 10 Prtm x Rp. 25.000 Rp 250.000,00
Dokumentasi Rp 50.000,00
Permainan Menarik Alat Dan Bahan Rp 50.000,00
Konsumsi:
-Panitia : 10 org x 4 hr x Rp 10.000 Rp 400.000,00
-Osis : 10 siswa x 4 hr Rp 200.000,00
Vakasi Panitia 6 org x 3 hari x Rp 50.000 Rp 900.000,00
______________
Jumlah ---------------------------------------------Rp 1.950.000,00
BAB V
PENUTUP
C.Kesimpulan
Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah( MPLS ) merupakan kegiatan awal tahun dengan tujuan :
1.Mengetahui visi misi dan tujuan sekolah yang lebih berkarakter dan bersama sama mewujudkannya dalam kegiatan rutin sehari-hari yang terencana dan berkelanjutan
2.Memperkenalkan sahabat baru, guru baru, dan tempat belajar baru.
3.Sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan segala potensi kecerdasan dan kreatifitas serta kapabilitas siswa yang aktif, religius dan berkarakter.
4.Pengenalan program studi dan pengenalan cara belajar yang baik.
D.Saran-saran
1.Setiap kegiatan harus diawali dengan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang berkelanjutan, dan evaluasi/refleksi untuk perbaikan kegitan selanjutnya.
2.Menuntut komitmen seluruh civitas akademika dalam mewujudkan visi misi dan tujuan sekolah terutama perubahan tujuan dari bentuk teoritis menjadi lebih pragmatis dalam berapresiasi sehingga dapat menjadikan lingkungan sekolah yang kondusif, unggul dan mempunyai daya saing ringgi.
..........., Juli 2018
Menyetujui untuk dilaksanakan Ketua Panitia
Kepala SMP .................... Guru Mata Pelajaran
............................................. ...............................
NIP. ..................................... NIP.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa share melalui media sosial sahabat!!!
No comments:
Post a Comment